Menghafal Irregular Verbs dengan Lagu


Verbs (Kata kerja) merupakan salah satu aspek penting untuk dikuasai seseorang yang ingin bisa berbahasa Inggris secara aktif, baik lisan maupun tulisan. Dalam Bahasa Inggris, berdasarkan waktu penggunaannya, kata kerja dibagi menjadi 3, yaitu present verb (Verb 1), past verb (verb 2), dan past participle verb (verb 3). Sedangkan berdasarkan pola perubahan present verb menjadi past verb dan past participle verb, kata kerja dalam Bahasa Inggris dibagi lagi menjadi 2  yaitu regular verb (kata kerja beraturan) dan irregular verb (kata kerja tidak beraturan).

Pada dasarnya, regular verb memiliki pola yang cukup sederhana untuk mengubah present verb menjadi past verb dan past participle verb. Kita hanya butuh menambahkan huruf “ed” atau “d” di setiap akhir kata kerja. Misalnya, walk (present verb) menjadi walked (past verb) dan tetap walked (past participle verb), agree (present verb) menjadi agreed (past verb dan past participle verb). Selain hanya perlu menambahkan “ed” atau “d” di akhir kata, verb yang tergolong dalam regular verbs juga selalu memiliki past verb dan past participle verb yang sama.

Namun, berbeda dengan irregular verb yang memiliki pola present, past, dan past participle yang berbeda-beda. Misalnya take (present verb) menjadi took (past verb) dan taken (past participle verb). Atau begin (present verb) menjadi began (past verb) dan begun (past participle verb). Ketidakpastian ini membuat kita mau tidak mau harus menghafalkannya.

Sebenarnya, untuk yang sudah terbiasa, irregular verbs bisa masuk dalam memori otak dengan sendirinya. Namun, bagi siswa yang belum terbiasa, justru menghafalkan irregular verbs akan menjadi beban tersendiri dan membuat semakin malas dengan pelajaran Bahasa Inggris. Untuk masalah tersebut, salah satu solusinya adalah dengan membuat irregular verbs dalam sebuah lagu. Pada zaman 4.0 dan menuju 5.0 ini, seorang guru sebenarnya tidak perlu repot-repot membuat lagu tentang irregular verbs sendiri karena sudah ada cukup banyak orang yang membuat lagu tersebut dan mempostingnya di YouTube. Sehingga, guru hanya perlu memiliki kemampuan untuk mencari lagu tersebut di Youtube dan mengunduhnya sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar.

Berikut adalah salah satu lagu irregular verbs yang biasa saya gunakan untuk mengajar. Genre lagu ini sangat menarik bagi anak-anak remaja, bahkan bagi mereka yang tidak suka pelajaran Bahasa Inggris sekalipun. Liriknya juga saya sertakan agar bisa diunduh dan diperbanyak. Versi pertama dapat digunakan untuk listening atau engaging students’ attention  di awal pembelajaran sedangkan versi kedua adalah versi lirik lengkapnya. Selamat mencoba 😉 .



Download Lirik dalam bentuk Ms. Word

Lirik Irregular Verb Song (Blanks)


Lirik Irregular Verb Song (Complete)





0 komentar: