Tiga Kerja Mata dalam Bahasa Inggris




Dalam Bahasa Inggris, setidaknya ada tiga kerja mata yang sering kita temui terkait dengan fungsi “melihat”. Ketiganya adalah see, look, dan watch. Namun, ternyata penggunaannya tidak sama, loh.

See
See biasa diartikan “melihat”  secara spontan tanpa adanya sebuah usaha. See berarti melihat tanpa disengaja (simpelnya, objek hadir ke depan mata tanpa diminta). Contohnya:

I see a mouse in your kitchen. (Aku melihat tikus di dapurmu)

We see a woman behind you. (Kami melihat seorang perempuan di belakangmu)

Dalam dua contoh di atas, kata see selalu diikuti dengan objek yaitu a mouse (seekor tikus) dan a woman (seorang wanita). Namun, see juga dapat digunakan tanpa diikuti dengan objek. Misalnya It will rain today, just wait and see (Hari ini akan hujan. Tunggu dan lihat saja).

Tapi, hati-hati, ya. Kadang see juga tidak berarti melihat. Contohnya dalam dialog berikut ini.

Una    : Mom, why don’t you buy me ice cream?
Mom  : Dear Una, you got influenza. It’s not good for you for having any ice cream now.
Una    : Well, I see.

(Una   : Mama, kenapa mama tidak membelikanku es krim
(Mama : Una Sayang, kamu masih flu. Tidak baik buatmu makan es krim sekarang.)
(Una   : Baiklah, aku mengerti.)

Kata see dalam dialog tersebut tidak berarti melihat, tapi mengerti.


Look 
Look berarti “melihat” dengan sengaja mengarahkan mata pada sebuah arah atau objek tertentu dalam waktu yang relatif singkat, seksama, namun biasanya tidak melibatkan pemikiran serius. Fokus mata dalam look hanya satau objek saja. Contohnya:

Look! This is the flower that you want to buy. (Lihat! Ini bunga yang ingin kamu beli.)

Look at me, Sarah. (Lihat aku, Sarah.)


Watch 
Watch dapat diartikan dengan kegiatan “melihat” sebuah objek secara sengaja dalam waktu tertentu (yang cukup lama) dengan tujuan untuk memperhatikan dan memahami apa yang tengah terjadi. Fokus mata dalam konteks watch lebih dari satu objek atau satu objek khusus beserta segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Dengan kata lain, watch juga diartikan dengan “menonton” atau “mengawasi”. Biasanya objek dari watch adalah acara televisi, video, game, dll. Contohnya :

I watch the movies with my family. (Aku menonton film-film itu bersama keluargaku.

My friends always watch my bag in the cafe when I need to go to toilet. (Teman-temanku selalu mengawasi tasku di kafe saat aku pergi ke toilet.)

Mr. Dave will watch over the employees during I ask permission. (Mr. Dave akan mengawasi para karyawan selama aku izin).

0 komentar: