Berkenalan dengan kata “LOOK” yang Nggak Jomblo



Sudah tahu, kan, arti dari kata look adalah melihat, terlihat, penampilan, dll. Tapi secara umum yang banyak orang tahu arti look adalah melihat. Eh, tapi, ternyata tidak semua kata yang mengandung “look” berarti melihat, loh. Masih ada makna yang lain juga. Loh, kok bisa, ya? Iya, bisa.

Sering, kan, ketemu kata look yang nggak jomblo alias berpasangan dengan kata lainnya dan hanya memiliki satu makna?  Contohnya, look for, look after, look up, look into, look ahead, look forward to, look through, dll. Yuk, kita langsung lihat-lihat saja artinya. Biar kita semakin familiar dengan makna kata para look yang nggak jomblo itu.

Look for       : Mencari (Melihat untuk mencari suatu hal.) Contoh, She looks for her pen. (Dia mencari pena miliknya.)

Look up       : Melihat untuk menemukan atau mencari informasi tertentu. Contoh, (1) If you don’t know the meaning of this word, you may look up your  dictionary. (Jika kamu tidak tahu arti kata ini, kamu boleh melihat kamusmu). (2) I looked up some information in Google before buying this cellphone. (Aku melihat beberapa informasi di Google sebelum membeli HP ini)

Look into     : Melihat dengan seksama atau melihat sesuatu yang ada di bagian dalam. Contoh, I cannot find my key, can you look into my bag, please?

Look after    : Merawat, menjaga, memelihara, mengurus

Look ahead  : Melihat ke depan apa yang akan terjadi dan merencanakannya

Look at        : Melihat dengan seksama, memperhatikan

Look forward to   : Berharap, menantikan (formal)

Look through         : Membaca dengan kilat


Well, demikian terjemahan para look yang sering kita temui berpasangan dengan kata lain alias tidak jomblo. Semoga bermanfaat.


0 komentar: