Apa Beda Waste, Garbage, Trash, Rubbish, dan Litter?





Menerjemahkan kata “sampah” kedalam Bahasa Inggris ternyata tidak bisa sembarangan. Sebab, ada kata waste, rubbish, trash, dan litter. Kelima kata tersebut memiliki arti “sampah”, namun dengan klasifikasi yang berbeda-beda.


Waste
Waste memiliki arti limbah yang berasal dari buangan hasil produksi baik industry mapun rumah tangga. Waste dapat berbentuk cair (seperti air bekas cucian, air buangan dari pabrik tahu, dll.) maupun padat (seperti kaleng, kardus kemasan, sisa makanan, dll.).  Dapat dikatakan bahwa sampah secara umum disebut dengan waste. Waste sendiri kemudian dibagi lagi menjadi rubbish, garbage, trash, dan litter.

Garbage/Trash/Rubbish
Garbage merupakan sampah yang sudah tidak bisa didaur ulang seperti makanan basi, sisa potongan sayuran yang sudah tidak terpakai lagi, sampah sisa dari proses pembuatan makanan, sisa makanan, kertas toilet yang telah digunakan, pembalut, dll. Sedangkan Trash adalah sampah yang masih bisa didaur ulang. Jenis sampah ini dianggap sudah tidak berguna bagi pemilik awalnya namun masih bisa dimanfaatkan kembali oleh orang lain. Contohnya, meja kursi yang sudah tidak digunakan, botol plastik maupun kaca, kaleng, ban bekas, jam dinding rusak, dll. Ranting dan daun-daun kering juga biasa disebut dengan trash. Dengan demikian, trash juga disebut dengan sampah kering.

Garbage dan trash biasa digunakan oleh penutur American English. Sedangkan penutur British English lebih umum menyebut sampah dengan kata rubbish tanpa membedakan jenis-jenis sampahnya. Penutur asli American English juga mengenal kata rubbish namun sangat jarang menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Litter
Litter adalah sampah-sampaj kecil yang biasanya di buang orang di jalanan dan tidak pada tempatnya. Misalnya, punting rokok, bekas kemasan minuman, bungkus permen, tisu, dll.







Picture From:
http://sinarharapan.net/wp-content/uploads/2018/08/Sampah.jpg


0 komentar: